• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Saturday, October 13, 2012

Cara Mengubah Warna Block di Blog


             Ketika anda memblok suatu teks atau artikel di blog, maka warna huruf dan backround nya akan berubah menjadi warna yang berbeda dari sebelumnya. ada yang warna blok nya merah, biru, hitam, dll. bagaimana dengan blog anda ? apa warna blok teks nya ?. mungkin sebagian dari anda tidak suka dengan background blok bawaan template anda, dan anda ingin mengganti nya. Nah, kali ini saya akan share bagaimana caranya mengubah warna blok di blog anda.

            Caranya cukup mudah sekali, yaitu dengan memanfaatkan kode CSS yang bisa langsung anda pasang di blog anda. kode CSS nya seperti dibawah ini :

::selection {background:#ccc; color:#FC0;}
::-moz-selection {background:#ccc; color:#FC0;}
::-webkit-selection {background:#ccc; color:#FC0;}
            Tempatkan kode tersebut diatas Kode ]]><b:skin> Yang harus anda ubah adalah nilai background dan color pada kode CSS diatas sesuai dengan keinginan anda. kemudian simpan template.
            Selain itu, dengan cara ini anda juga bisa meminimalisir copy paste yang terjadi di blog anda.  caranya dengan memanipulasi tampilan blok di artikel blog anda yaitu dengan mengubah warna teks blok nya menjadi warna sesuai background artikel nya. misalnya background artikel nya putih, buat warna blok nya juga putih. Sehingga terkesan artikel anda tidak bisa di blok dan tidak bisa di Copy. Padahal sesungguhnya bisa.
::selection {background:none;}
::-moz-selection {background:none;}
::-webkit-selection {background:none;}
Langkah  terakhir simpan tempale anda. selesai dan lihat hasilnya warna tulisan ketika di blok menjadi tidak kelihatan. Sehingga orang yang berniat copy paste mungkin mengurungkan niatnya karena tidak bisa di blok. Hehe.  Selamat mencoba.

#salam terhangat dari Mr.DHI

4 comments:

  1. wah ini blog baru ente toh gan. ehm... pantensan bingung siapa itu mister dhi.. ternyata kawan lama. ehm.. makasih tutorialnya, ane juga seirng make lewat css sederhana, tapi lebih enak langung di posting. jadi yang lain ga kekutan berubah, tapi tergantung selera juga si.

    ReplyDelete
  2. trik yang cukup membingungkan buat newbi yang mau copas yah hehe, makasih sobat, sekalin follow deh

    ReplyDelete
  3. wah keren.... maksih tutorialnya...

    ReplyDelete
  4. Saya coba terapkan gan, trims ya. Ditunggu kunjungannya...

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com