• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Saturday, November 10, 2012

Pengertian Virtual Private Server


vps hosting
           Salah satu dari macam-macam hosting ada yang disebut Virtual private Server. Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu dari tiga jenis hosting yang ada yang menggunakan metode virtualiasi hardware. Dalam hal ini hardware yang di virtualisasi adalah sebuah server. Tipe hosting ini bisa dikatakan berada satu tingkat dibawah jenis hosting Dedicated Server dan satu tingkat diatas Shared Hosting.

            Berbicara virtualisasi, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika dibahas terlebih dahulu arti daripada virtualisasi itu sendiri. menurut pengetahuan saya, virtualisasi adalah sebuah proses membagi-bagi sebuah hardware penyimpanan seperti harddisk atau server menjadi beberapa hardware virtual. kalau masih tidak mengerti, sebaiknya anda cari pengertian yang sesungguhnya mengenai virtualisasi ini.
            Untuk lebih jelasnya, didalam komputer  atau laptop anda pasti terdapat sebuah hardware harddisk. Tetapi saat di tampilkan monitor, harddisk ditunjukan terdapat 3 buah yaitu (C:) Local Disk, (D:) Local Disk, (E:) Local Disk. Seharusnya yang tampil di komputer juga hanya satu harddisk, tetapi bisa menjadi 3 atau lebih seperti ini. nah, inilah yang di sebut virtualisasi.

server virtual
            Selanjutnya, melangkah ke Virtualisasi Server yang di gunakan dalam tipe VPS ini. sama dengan harddisk yang saya ceritakan diatas. Server ini pun dalam keadaan nyatanya hanya 1 buah, tetapi di tampilkan di komputer bisa menjadi beberapa server yang berdiri sendiri dan tidak mempengaruhi satu sama lain. Server virtual itulah yang di sewakan kepada penyedia website sebagai tempat hosting website nya.
            Virtual server ini memiliki fasilitas yang lebih baik dari Shared Hosting. Diantaranya VPS ini bersifat Private atau Khusus jadi hosting anda tidak akan terganggu oleh User Lain. Anda juga bebas mengkonfigurasikan server virtual anda seperti halnya sebuah server fisik. Selain itu, VPS ini juga memungkinkan anda untuk merestart server virtual anda tanpa harus merestart hardware server nya.
            Dibalik fasilitas yang diberikan tersebut, VPS ini memasang tarif sewa yang lumayan lebih tinggi dari Shared Hosting. Jadi anda harus menyiapkan budget lebih besar jika berniat untuk menyewa tipe hosting ini.
#salam terhangat dari Mr.DHI

11 comments:

  1. bisa nambah ilmu lagi disini, makasih sobat:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling berbagi ilmu buat teman-teman. hehe :D

      Delete
  2. kebetulan nih saya kan jurusan TKJ hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, harus belajar banyak nih dari agan sebagai anak TKJ.

      Delete
    2. masih anak baru mas gak begitu hebat betul heheheh :)

      Delete
  3. saya juga pengen sih beli VPS, tapi ga ada duit :(

    ReplyDelete
  4. wah sharing pengetian vps ni ya gan, haha
    thx infonya bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kan biar lengkap, kan sebelumny ada postingan tentang Pengertian Dedicated Server, sekarang VPS nya. rencana kedepan nya tentang Shared Hosting nya. hehe :D

      Delete
  5. nyimak aja deh hehe :)

    yuk mampir sejenak :D

    ReplyDelete
  6. mantap,
    Ane kurang ngerti yang beginian :)

    #kunjungi blog saya ya :)

    ReplyDelete
  7. Bluehost is definitely one of the best hosting provider for any hosting services you require.

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com