• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Friday, March 1, 2013

Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Lambat


            Tak jarang, computer kita mengalami penurunan kinerja. Kinerja Komputer kita menjadi melambat dalam melakukan perintah-perintah yang kita berikan. Hal ini membuat kita merasa tidak nyaman dalam menggunakan computer kita. Maka dari itu, agar aktivitas kita tidak semakin terhambat, perlu adanya tindakan segera bagaimana cara mudahnya  untuk mengatasi permasalahan computer kita ini.

            sebelum kita membahas mengenai cara menormalkan kembali computer yang kinerja nya lambat. Perlu di ketahui beberapa penyebab yang membuat computer kita menjadi lambat. Pada umumnya computer kita melambat secara umum dapat dikarenakan kurangnya kapsitas RAM, banyak program yang terinstall, dll. Nah, berikut ini beberapa penyebab computer yang melambat dan cara mengatasi nya
   1.      Kurangnya Memory 
Salah satu penyebab computer lambat adalah karena RAM yang terpasang pada computer kita masih kurang kapasitasnya.  Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang pada computer kita, apabila memang masih dibawah 1 GB, segeralah Upgrade RAM anda minimal 1 GB agar kecepatan nya bisa lebih cepat lagi.
   2.      Banyaknya Program yang Terinstall. 
Mungkin kita sering kali menginstall banyak sekali program-program yang sebenarnya jarang kita gunakan. Hal tersebut juga dapat membuat kinerja computer anda melambat. Cara mengatasi nya dapat dilakukan dengan cara : Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi “accesories” tersebut. 
   3.      Banyaknya Startup Programs dan Service yang berjalan. 
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.
Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke “System Configuration Utility” dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.
   4.      Penuh nya File Temporary
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:”C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan”C:\WINDOWS\Temp”.
Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: “cleanmgr” lalu pilih drive yang akan di-cleanup. 
   5.      Banyak Security Program
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.
Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card. 
   6.      Masalah pada Hardisk 
Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena: 
·         hardisk low space 
·         hardisk yang terfragmentasi 
·         hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun 
·         hardisk error / bad sector 
Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah: 
·         upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk 
·         lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala 
·         hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih. 
·         perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk. 
   7.      Adanya Virus, Malware atau Spyware 
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi. 
   8.      System Files ada yang Corrupt atau Bahkan Hilang. 
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.  
   9.      Hardware Overheat. 
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar. 



                                                                                                                                                                                    

20 comments:

  1. Info yg bermanfaat sob, terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. makasih bang...jadi tahu nih ilmunya

    ReplyDelete
  3. kalau ane punya masalah gitu gan, ane instal ulang. semua selesai. kalau masih juga, ane beli yang baru.. itu juga menyelesaikan masalah. tapi ada masalah baru, duitnya terkuras.. hehehe

    ReplyDelete
  4. lengkap bener tipsnya sob. perlu di terapkan nih, biar komputer saya nggak lemot..hehehe

    ReplyDelete
  5. sayangnya gk punya komputer, tapi tutornya bisa dicoba kalo sudah punya komputer

    ReplyDelete
  6. terima kasih infonya, mudahan sama dapat mananfaatnya.

    ReplyDelete
  7. tq maklumat sgt berguna.. sy pun kekadang hadapi masalah komputer berat.. kene la delete file2 xberguna dan defragment balik

    ReplyDelete
  8. .. banyak program yg terinstall itu dapat lola juga ya?!? baru tau aq. jd sebaiknya gimana tuch solusinya?!? apa pas waktu kita pakai aja baru di install?!? ..

    ReplyDelete
  9. sangat detail sekali pembahasannya sob....saya juga sering menggunakan tips ini untuk mengatasi kompi saya. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  10. Bisa menambah pengetahuan ane ni sob, mampir ke blog saya saling kometar

    ReplyDelete
  11. wah.. info yang ok nih sob.. :D biasanay juga banyak debu yang mengakibatkan kinerja komputer lambat, atau vga udah tua, dan ram yang gak upgrade :D

    ReplyDelete
  12. Kebetulan Komputer saya saat ini sedang lambat sob.Thx for share

    ReplyDelete
  13. ok deh sip....sudah ane jalankan...sebelumnya sih lemot banget mau buka email aja ampun setengah mati padahal jaringan sudah hsdpa...tapi setelah dijalankan tips2nya sudah normal lagi seperti baru beli...tks..

    ReplyDelete
  14. makasih infonya tools apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah di atas??

    ReplyDelete
  15. berguna sangat checklist ni bila ltop/pc dah start meragam. kalau buat sebagai preventive action pun terbaik.

    ReplyDelete
  16. terima kasih kk atas informasinya..
    http://memolodys.blogspot.com/2013/08/sejarah-asal-mula-wayang-golek.html

    ReplyDelete
  17. bermanfaat sekali.
    ini tips yang dicari dari tadi.

    ReplyDelete
  18. thanks infonya, sangat bermanfaat
    http://nerrissatsp.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. thanks gan,.

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com