• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Friday, November 30, 2012

Perangkat Hardware Input Device Komputer


            Input device atau unit masukan adalah berbagai hardware komputer yang memiliki fungsi untuk memasukan data atau memberikan perintah pada kompuer. Ada beberapa macam hardware yang tergolong kedalam perangkat masukan atau input device. Beberapa diantaranya akan diulas dalam postingan ini.
     a.    Mouse
        Mouse adalah salah satu unit masukan dalam komputer. yaitu sebuah alat yang digunakan untuk menggerakan pointer atau kursor pada komputer. menggunakan mouse lebih mudah dibandingkan dengan memberi perintah dengan menggunakan keboard yang biasanya harus tahu rumus-rumus tombol yang harus di tekan.
        Mouse ini berfungsi untuk memberikan perintah dengen cara mengklik, baik itu klik kanan atau pun klik kiri. Bisa juga di gunakan untuk menggulung layar yang tersembuyi dengan menggeser tombol scroll pada mouse. Menggunakan mouse bisa juga bisa memindahkan sebuah objek dengan cara drag (klik kiri, lalu geser.
b.    Keyboard
        Keyboard adalah hardware paling penting dalam melakukan entri data kedalam komputer. keyboard adalah alat yang di gunakan  untuk memasukan data berupa huruf dan angka serta melakukan perintah-perintah tertentu.
        Keyboard yang di gunakan saat ini adalah keyboard jenis Qwerty. Yaitu jenis keyboard yang tombol nya mirip dengan tombol mesin ketik. Karena keyboard Qwerty sudah menjadi standar internasional untuk Keyboard. Keyboard saat ini banyak yang menggunakan jenis port serial, PS2, USB, dan Wireless.
c.    Scanner
        Scanner adalah Input Device yang di gunakan untuk menyalin dokument atau sebuah gambar fisik kedalam sebuah komputer. sistem kerja scanner dapat dikatakan hampir sama dengan cara kerja Mesin Foto Copy. Hanya saja kalau mesin fotocopy hasil salinan gambar/teks nya langsung tercetak secara otomatis. Lain halnya dengan scanner. Scanner ini mampu menyimpan hasil salinan gambar atau teks dalam komputer sehingga dapat kita edit terlebih dahulu.
        Selain untuk menscan gambar. Ada juga scanner yang sering digunakan untuk menscan Lembar Jawaban Komputer pada Ujian Nasional. yaitu scanner yang dinamakan dengan scanner IR. Scanner ini mampu mendeteksi goresan pensil 2B.
d.   Touchpad
        Touchpad adalah area pada notebook/netbook /laptop (biasanya terpasang pada dari pabriknya). Dimana alat ini fungsinya sebagai pengganti fungsi mouse, karena fungsi nya sama dengan mouse yaitu untuk menggeserkan pointer. Caranya yaitu dengan menggerakan jari sambil menempelkan nya di atas touchpad tersebut. seketika, pointer akan berpindah.
        Touchpad ini biasanya memiliki fasilitas lebih, yakni tidak hanya sebagai penggeser kursor atau pointer. Tetapi juga bisa melakukan scroll, men-zoom gambar, atau pun merotasi gambar dengan  cara-cara tertentu.
e.    Light Pen
      Light pen juga merupakan salah satu input device yang digunakan untuk menggambar di komputer dan mendesign grafis. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel tersebut di hubungkan langsung ke komputer.
      Cara kerja alat ini adalah sebagai berikut : bila ujung pena ini kita bawa ke layar monitor, sampai dengan jarak yang cukup deka. apabila kita menggerakan pena ini di layar, maka secara otomatis akan muncul hasil goresan pena tersebut dilayar.
      Light pen memanfaatkan teknologi sensor yang mampu merubah sinyal cahaya ke komputer yang selanjutnya bisa direkam, dimana layar monitor akan melakukan proses dengan merekam sinyal-sinyal elektro dari tiap baris perdetik.
f.     Joystick
      Joystick adalah sebuah alat yang bentuknya seperti tuas yang fungsinya juga sebagai piranti masukan pada komputer. alat ini dapat di gerakan ke segala arah. Alat ini biasanya sebagai pelengkap komputer yang di  gunakan untuk memainkan video game yang memiliki tombol yang lebih banyak. Dengan menggunakan alat ini, bermain game jadi lebih asyik dan menyenangkan.
g.    Microphone
      Alat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, microphone merupakan alat input data berupa data audio yang selanjutnya dapat disimpan dalam komputer. dengan micropohone ini, kita juga bisa berbicara dengan orang lain pada saat chatting di internet.
h.    Barcode Reader
      Barcode adalah suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis vertikal. Barcode ini biasanya tertera dalam berbagai produk. Kode tersebut hanya dapat di baca oleh barcode reader. Barcode reader dapat memindai data-data yang disimpan dalam barcode kemudian menterjemahkan- nya dalam bentuk teks atau angka. Biasanya barcode digunakan di  pasar-pasar swalayan untuk mempermudah mengidentifikasi harga produk-produk yang di jual nya.
Semoga Bermanfaat !!!
#salam terhangat dari Mr.DHI

10 comments:

  1. ligh pen kayanya khusus buat animator animator ya gan? ehm.. seru juga tinggal sentah sentuh aja.

    ReplyDelete
  2. Bisa menambah wawasan nih sob.

    ReplyDelete
  3. inputnya cuman ini aja gan ?

    ReplyDelete
  4. cuman beberapa aja yang punya hehehe :D

    ReplyDelete
  5. .. barcode reader,, di hape aq juga ada. he..86x ..

    ReplyDelete
  6. Mantap gan, saya kenal perangkat diatas tetapi sayang saya belum pernah memilikinya :( semoga nanti...
    #salam sahabat gan :D

    ReplyDelete
  7. wah, ini teori dasar mengenai hardware...

    Alhamdulillah semester 1 udah dapat ginian...

    makasih ya

    ReplyDelete
  8. Wah enak kalo pake light pen...

    Minta follownya ya kak
    asal-kamu-tau.blogspot.com

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com