• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Sunday, December 30, 2012

Perangkat Hardware Output Device Komputer


            Setelah sebelumnya Mr.DHI membahas tentang Perangkat Hardware Input Device Komputer, kali ini Mr.DHI masih akan membahas tentang Hardware Komputer. lebih tepatnya tentang Perangkat Output atau perangkat Keluaran data komputer. perangkat-perangkat ini berfungsi mengeluarkan data-data dari komputer sehingga bisa ditangkap dan dimengerti oleh panca indera manusia.

a.       Monitor
      Monitor merupakan hardware output utama dalam sistem komputer. Monitor adalah alat output yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer. atau dengan kata lain, monitor ini berfungsi sebagai penampil software dan visualisasi hardware. Gambar yang tampil di monitor adalah hasil proses data, dan hasil input data.
      Saat ini monitor hadir dalam berbagai ukuran layar atau resolusi. Tiap merek monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda. Resolusi ini lah sebagai tolak ukur ketajaman monitor dalam menampilkan gambar. Bentuk monitor pun berbeda-beda, ada yang besar dengan layar cembung, ada juga yang bentuknya tipis serta layar yang datar (flat).

b.      Printer
      Printer merupakan unit keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan data dari komputer. data yang dikeluarkan tersebut, dikeluarkan dengan cara mencetak data dari komputer kedalam media kertas. hasil cetakan tersebut dapat berupa tulisan, maupun gambar. Terdapat tiga jenis printer yaitu printer dot matrik, printer inkjet, dan printer laser jet.

c.       Speaker
      Speaker adalah output device yang dapat membuat data audio di komputer dapat diperdengarkan. Speaker merupakan kebalikan dari Microphone pada unit masukan. Speaker mampu mengeluarkan suara dari komputer dengan cara mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan suatu komponen bentuknya seperti selaput. Sehingga suara dapat terdengar oleh indera pendengaran manusia.

d.      LCD Proyektor
      LCD Proyektor atau masyarakat luas mengenal nya dengan sebutan Infocus merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, LCD Proyekyot membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.       

8 comments:

  1. haha,,
    lagi belajar input - proses - output, ya gan :D

    ReplyDelete
  2. bisa nambah ilmu lagi nih sob, trims sharingnya

    ReplyDelete
  3. spiker ane yang belum punya gan. pengenya make yang jos, tapi harganya juga jos e.. jadi mending make yang bawaan dulu atau make earpone aja dah

    ReplyDelete
  4. kalau boleh kasih tahu cara menampilkan hasil suara output winamp di destop gimana ya gan ane cari nggk ketemu

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Anda diwajibkan membaca Privacy Policy terlebih dahulu sebelum berkomentar.

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com